Monday 11 April 2016

PERTEMANAN ANAK BEDENG DENGAN ANAK GEDONG

Tempat belajar di bedeng relatif baik
Mahsiswa Pertanian UNSRI angkatan 1970--1980an merupakan gabungan antara anak rantauan maupun anak yang orangtuanya adalah orang tempatan ataupun orangtuanya pegawai pemerintah, pegawai swasta dan orang tempatan.

Bagi mahasiswa yang berasal dari daerah lain di mana orangtuanya bukan "the have" maka kebanyakan mahasiwa Pertanian UNSRI pada era 1970-1980an hanya tinggal di bedeng yang sederhana alias agak buruk kondisinya. Tapi bagi teman-teman mahasiswa kebanyakan kala itu menjadi mahasiswa saja sudah bersyukur dan itu tidak mengapa karena sesuai dengan keadaan kehidupanm kala itu. Tapi tidak sedikit juga ada yang ti bedeng yang relatif mewah.

tempat belajar anak bedeng dengan kondisi apa adanya


Sejumlah teman memang tinggal di rumah orangtua atau di kompleks perumahan perusahaan yang relatif mewah misalnya di PT Pertamina Plaju atau di perumahan perbankan. Ada juga teman yang orangtuanya pengusaha, mereka tinggal di rumah yang mewah dengan fasilitas modern. Sejumlah mahasiswa melakukan kegiatan belajar kelompok dengan beragam kondisi tempat mereka belajar. Kelompok pertama, sejumlah mahasiswa belajar bersama di kampus. Ruang belajar yang luas mereka jadikan tempat mereka belajar bersama atau sendiri-sendiri.

Tempat belajar pertemuan anak bedeng vs gedongan

Kelompo kedua, mereka yang belajar di bedeng yang kondisinya sederhana. Kelomok ketiga mereka yang belajar di bedengan kondisinya lumayan bagus untuk ukuran kala itu. Sedangkan kelompok terakhir adalah mereka yang belajar di rumah mewah dengan asupan gizi yang lumayan baik. Pada kelompok belajar yang terakhir ini di samping kondisi belajarnya baik juga terjalin hubungan yang baik antara sesama mereka. Penulis sering mengingatkan teman-teman yang berasal dari anak bedeng dan belajar di rumah gedongan itu agar selalu bersyukur kepada Allah bahwa dalam keadaan susah diberikan fasilitas yang memadai, karena di samping belajar bisa tenang juga dapat asupan gizi yang sangat baik. Penulis sering mendoakan tuan rumah agar dibalas oleh Allah dengan balasan yang setimpal. Di surganya Allah swt.



No comments:

Post a Comment